Jumat, 22 Oktober 2010

Mainboard - Tips memilih mainboard yang tepat


Dalam artikel singkat ini saya ingin berbagi pengalamankmengenai permasalahan yang seringkali terjadi, yang biasanya di alami sebagian orang (sayajuga) pada saat berniat merakit pc atau mengupgrade PC nya, mengenai memilih mainboard yang sesuai untuk kebutuhannya. Pemilihan motherboard mempengaruhi banyak hal, performa, kemudahan mengupgrade, dan yang terpenting ke efisiensian uang yang di keluarkan untuk keperluan upgrade di masa mendatang.


Pemilihan motherboard yang salah, akan berakibat penyesalan di kemudian, kenapa ? mungkin motherboard tersebut tidak ada dukungan fitur terbaru atau terjadi peralihan standarisasi. Sebagai contoh, kita gemar ngegame, saat ini kita mempunyai uang yang pas-pasan untuk merakit pc, pc standar kelas mainstream yang penting bisa buat jalanin game-game saat ini yang rata-rata menggunakan card2 PCI express, ok kita akhirnya merakit pc mainstream tersebut.Beberapa bulan kemudian, ada standarisasi baru, qta tetep cuek n tetep mempertahankan pc buatan kita sebelumnya, beberapa tahun kemudian karena sudah di rasa teknologi baru tersebut (sebagai contoh katakanlah AGP express, fiktif) sudah membumi, bisa di jangkau masarakat, para developer game akhirnya memutuskan untuk memanfaatkan teknologi terbaru tersebut pada game-game terbarunya, yang otomatis membutuhkan spec lebih tinggi dari pc yang kita rakit sebelumnya, karena sadar pc kita sudah nyendat-nyendat pada saat kita main game, akhirnya kita berniat untuk mengupgradenya.


Dari sini coba anda perkirakan perangkat apa ?. Tentunya perangkat-perangkat yang kita ganti harus mampu di support mainboard yang kita punyai bukan, jika pada saat itu uang kita pas-pasan dan asal-asalan merakit pc "yang penting pas", maka akibatnya bisa di rasakan pada saat ini. Software dengan standarisasi terbaru biasanya membutuhkan dukungan hardware yang lebih baik lagi. Jika dulunya kita tidak memikirkan upgrade untuk kedepannya, sudah pasti kita bisa mengeluarkan banyak untuk pc kita.

Ok cukup a i u e o nya aku mau sharing sdikit tips dalam memilih motherboard  apa tipsnya (buat yang udah pro permisi, mohon masukkannya jika ada kurangnya) :

Non teknis

  1. Sebelum membeli motherboard cari tau pekembangan hadware apa yang terjadi saat ini, contoh : saat ini  rata-rata prosessor AMD saat ini memakai soket AMD, dan Jenis RAM yang di pakai sudah mulai menggunakan DDR3, namun karena harga motherboard DDR2 sangat murah dan sudah mampu mencukupi kebutuhan anda anda tergiur ingin membelinya, pada kasus seperti ini sebelum bertindak, pertimbangkan apakah nantinya anda mau mengupgrade pc anda atau tidak, jika tidak beli Motherboard DDR2 saja tidak apa-apa, namun jika anda penggemar game mau tidak mau suatu saat pasti anda harus upgrade PC itu, jadi lebih baik beli yang DDR3 meski harganya agak mahal.
  2. Beli merek-merek yang sering di dengar, karena biasanya merek-merek terkenal sudah pasti lebih berkualitas karena mereka mejaga imagenya di masyarakat, yang pasti mereka tidak ingin image mereka anjlok karena mainboard mereka banyak yang rusak. Kelebihan yang lain, perangkat yang di sertakan lebih lengkap dari pada produk pabrikan baru. Seandainya uang tidak mencukupi, beli produk dari pabrikan yang agak terkenal , namun biasanya setiap pabrikan mempunyai board versi low end (ada onboard-nya, vga). :)
  3. Kenali kebutuhan anda, untuk anda yang condong ke kebutuhan umum, tidak perlu membeli board-board berchipset express, yang biasanya di tujukan untuk penghobi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar