Rabu, 13 Oktober 2010

NVIDIA CUDA

Akhir-akhir ini NVDIA mengenalkan teknologi terbaru di jajaran produk GPUnya. NVDIA CUDA merupakan sebuah terobosan baru dalam perkembangan GPU di mana dengan teknologi ini, GPU mampu berjalan secara paralel, jadi dengan CUDA GPU-GPU buatan NVDIA mempunyai performa lebih dalam hal multitasking. Sebelumnya, VGA akan mengalami penurunan performa dalam hal tampilan di saat kita menjalankan beberapa buah aplikasi grafis secara bersamaan, dengan teknologi terbaru ini, NVDIA berharap GPU-GPU miliknya dapat mengatasi masalah tersebut.

Sebenarnya teknologi ini hampir mirip dengan istilah Hyperthreading pada CPU, di mana CPU akan mengolah instruksi / data secara bersamaan dalam satu waktu. Meskipun mempunyai prosess kerja yang serupa, GPU tetaplah GPU dan tidak bisa di samakan dengan CPU.

Kelebihan lain dari teknologi ini adalah  memberikan kesempatan kepada programer untuk mengakses GPU denga Virtual instruction melalui bahasa standard seperti C.Dengan teknologi ini, jajaran GPU NVDIA  dapat di katakan mempunyai sedikit tambahan performa, tambahan performa yang dapat di gunakan sebagai nilai tambah dalam mempertahankan eksistensinya di pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar